BAHASA INDONESIA

BAHASA INDONESIA

SOFTSKILL

Disusun oleh :

JUDHO PERWIRO / 23112982

JURUSAN SISTEM KOMPUTER (S1)

UNIVERSITAS GUNADARMA

2014

TUGAS 1: Pemahaman dan Rasa Bangga Terhadap Bahasa Indonesia

Pengertian Bahasa, Ragam Bahasa, Fungsi Bahasa adalah pemahaman dasar dalam memahami bahasa. Dalam memahami Bahasa Indonesia, kita juga perlu memahami hal-hal tersebut, sehingga pemahaman kita dalam memahami bahasa Indonesia, bisa lebih mendalam dan dapat mengaplikasikan dengan baik.

Definisi Bahasa; Bahasa adalah suatu sistem dari lambang bunyi arbiter ( tidak ada hubungan antara lambang bunyi dengan bendanya ) yang dihasilkan oleh alat ucap manusia dan dipakai oleh masyarakat untuk berkomunikasi, kerja sama, dan identifikasi diri. Bahasa lisan merupakan bahasa primer, sedangkan bahasa tulisan adalah bahasa sekunder.

Berbahasa Indonesia yang baik adalah menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai konteks (pembicaraan atau penulisan). Berbahasa Indonesia yang benar adalah menggunakan bahasa Indonesia yang sesuai dengan kaidah (tata bahasa) bahasa Indonesia.

Pengertian di atas baru saya peroleh dan pahami ketika sudah semester tiga. Sebagai orang yang belajar di Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia tentu hal ini cukup mengecewakan. Dalam program studi ini, mahasiswa tidak hanya dituntut untuk memahami bahasa Indonsia (salah satunya adalah yang baik dan benar) tapi juga dituntut untuk mampu menularkan pengetahuan tentang bahasa Indonesia kepada orang lain (murid) melalui pembelajaran di sekolah.

Kalimat Bahasa Indonesia yang baik dan benar sudah saya dengar dan baca sejak SD. Saat itu pula saya menggunakan istilah ini. Sejak itu sampai semester dua kuliah, saya mengartikanBahasa Indonesia yang baik dan benar adalah bahasa yang tidak salah dalam menulis, harus sesuai dengan EyD. Lebih parahnya lagi, sebelumnya tidak mengerti kepanjangan EyD. Setelah mengetahui kepanjangan EyD belum paham pula kaidah apa saja yang ada dalam EyD. Pemahaman tentang sejarah EyD baru sedikit terisi ketika menempuh mata kuliah Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Indonesia, setelah tahun kedua kuliah. Pemahan tentang kaidah yang terdapat dalam EyD baru didapat setelah kuliah Analisis Kesalahan Berbahasa, tahun ketiga kuliah.

Apakah tidak pernah mendapat penjelasan mengenai bahasa yang baik dan benar ketika masih sekolah? Sepertinya tidak. Mungkin guru-guru bahasa Indonesia yang pernah mengajar saya tidak pernah menjabarkan pengertiannya, atau saya yang memang tidak memperhatikan penjelasan guru mengenai hal ini. Atau justru guru yang bersangkutan juga tidak paham mengenai berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Hal ini sangat mungkin terjadi, mahasiswa yang kuliah di PBSI masih kesulitan memahami konsep ini, bahkan salah seorang mahasiswa tidak mampu menjawab ketika ditanya mengenai konsep ini oleh dosen pembahas dalam seminar proposal skripsinya. Mahasiswa calon guru bahasa Indonesia dari universitas negeri tidak mampu menjawab, apalagi mahasiswa dari universitas lain, lebih apalagi lagi jika guru bahasa Indonsia di sekolah bukan lulusan Pendidikan Bahasa Indonesia.

Mungkin kesalahan ada pada masing-masing kita. Bangsa Indonesia tidak mampu menghargai bahasanya sendiri. Mungkin terlalu menganggap remah keberadaan bahasa dan fungsinya. Padahal, di balik penggunaan bahasa, tampak seluruh dimensi kecerdasan dan mentalitas pengguna (pembicara)-nya.

Padahal, Bahasa Indonesia merupakan bahasa yang dapat menyatukan Bangsa Indonesia. Kita tidak dapat menguasai semua Bahasa Daerah yang ada di Indonesia. Maka, untuk dapat memahami satu sama lain Bahasa Indonesia berpperan penting agar dapat berkomunikasi dengan baik.

Tugas 2: Analisis artikel Online dan Identifikasi Tata Cara Penulisan sesuai EYD.

Sumber: http://tekno.kompas.com/read/2014/08/13/10110067/17.Travel.Blogger.Seru.Indonesia

Menyambut Hari Kemerdekaan, selama 17 hari pada bulan Agustus, KompasTeknobekerja sama dengan Ziliun akan menampilkan infografis terkait teknologi dan Indonesia.

KOMPAS.com – Era kebebasan berekspresi dan citizen journalism seperti sekarang, turut mempengaruhi wajah industri pariwisata! Dengan tren social media dan blogging yang berkembang pesat, di sektor pariwisata, kita mengenal nama-nama travel blogger lokal yang tulisan-tulisan dan foto-foto perjalanannya banyak menghiasi internet.
Orang Indonesia pun makin giat mencari informasi destinasi wisata di internet. Henky Prihatna, Industry Head, Google Indonesia, mengemukakan bahwa sekitar 80 persen orang Indonesia melakukan riset online dulu sebelum pergi jalan-jalan!

Tak hanya itu, Henky Prihatna juga bilang bahwa, sebanyak itu pula orang Indonesia yang hobi men-share cerita perjalanan mereka di berbagai social media. Liburan sambil update di social media, itu dia tren-nya!

Tiba-tiba, semua orang bisa menjadi “travel blogger”, penulis perjalanan. Tapi di tengah tren tersebut, inilah 17 travel blogger Indonesia yang “berpengaruh”.

Mereka berperan besar sebagai duta pariwisata Indonesia, bahkan dunia. Lewat konsistensi mereka menyebarkan virus-virus traveling di internet, mereka juga menjelma trend-setter industri pariwisata.

Simak penjabaran wajah baru industri pariwisata di Indonesia, dengan peran travel blogger yang semakin besar: http://ziliun.com/id/articles/ziliun17-travel-blogger-indonesia

  1. Marischka Prudence (marischka-prudence.com)
  2. Trinity (naked-traveler.com)
  3. Ransel Kecil (ranselkecil.com)
  4. Ariev Rahman (Backpackstory.me)
  5. Dua Ransel (duaransel.com)
  6. Travel Junkie Indonesia (traveljunkieindonesia.com)
  7. Amalla Vesta (theswankytraveler.com)
  8. Adam & Susan (pergidulu.com)
  9. Agustinus Wibowo (agustinuswibowo.wordpress.com)
  10. Herajeng Gustiayu (backpacker-notes.com)
  11. Adis (whateverbackpacker.com)
  12. Lucia Nancy (lucianancy.com)
  13. Tekno Bolang (Lostpacker.com)
  14. Yunaidi Joepoet (ranselkosong.com)
  15. Efenerr (efenerr.com)
  16. Wira Nurmansyah (wiranurmansyah.com)
  17. Hifatlobrain (hifatlobrain.net)

#Ziliun17 adalah 17 rangkaian infografik atau data dalam bentuk visual seputar teknologi dan Indonesia. #Ziliun17 dipersembahkan untuk menyambut HUT Republik Indonesia di tanggal 17 Agustus.

 

Koreksi Kata yang salah:

  1. Destinasi = Tujuan
  2. Tak = Tidak
  3. Men-share = Membagikan
  4. Menjelma = Menjadi
  5. Makin = Semakin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s