Adroid Masrsmallow

Whoah keluarga dari OS Android bertambah satu lagi nih guys setelah si neng lolipop meluncur belom lama. Keluarga barunya itu si mas Marsmallow nama dari OS Android 6.0. hehe udah pada tau pastinya tentang ini hanya saja saya yang telat menulis postingan mengenai si mas Marsmallow ini hehehe yuk lah langsung kita berkenalan saja sama si mas Marsmallow keluarga baru si robot munyil ijo ini.

Mas Marsmallow telah resmi menjadi nama OS Android untuk versi 6.0. dimana sebelum resminya memakai nama Marsmallow si makanan yang kenyel kenyel itu telah muncul beberapa nama yang di sebutkan dari beberapa penggemar OS Android untuk menebak-nebak nama apa yang nantinya akan di pakai untuk OS Android 6.0 mulai dari Muffin, Milkshake, Macaron, Marsmallow dll. Nah karena banyak sekali nama-nama makanan serba manis yang bermunculan untuk hurf abjad “M” ternyata usut punya usut Pihak Google mengambil cara voter dari pengguna OS Android untuk memilih sekiranya apa nama yang tepat untuk Android 6.0 M tersebut.

Hasil dari vote tersebut ternyata banyak yang memilih nama makanan Marsmallow lah untuk di jadikan nama OS Android “M” 6.0, dengan perolehan hasil voter nama Marshmallow memperoleh peringkat paling tinggi 28,37 persen. Diikuti dengan Muffin (25,25 persen). Sekira 8,63 persen memilih Milkshake dan 8,2 persen untuk Milky Way.

Ada juga penyebutan M&Ms (makanan sejenis permen coklat) yang memperoleh angka 8.12 persen. Disusul Macaroon (4,59 persen), Molasses (0.17 persen), dan Mocha Java Cake (1.05 persen).

Weleh-weleh unik sih yah untuk penentuan pemberian nama yang tepat untuk di jadikan nama dari OS Android “M” 6.0 ini hihihi.

Lalu apa saja sih yah fitur-fitur yang di berikan untuk mas marsmallow ini? hehe cek dah di bawah sini

Pihak Google memberitahu fitur-fitur yang akan disematkan pada Android M sebelum di rilis bakal adanya fitur fingerprint, dan mode pengehematan daya.

Fitur fingerprint nanti akan ada di Android M, yang katanya fitur pemindai sidik jari memiliki kesamaan dengan pemindai sidik jari yang di sematkan dalam gadget besutan apple yakni pada Iphone 6. Apakah systemnya akan sama seperti fingerprint yang sudah di pakai di Iphone 6 tersebut? kita tunggu saja deh nanti kabar selanjutnya mengenai fitur fingerprint di Android M ini.

Selanjutnya terdapat fitur mode penghemat daya bernama Doze. Nah fitur penghemat daya yang di sematkan dalam Android M ini berbeda dengan fitur penghemat daya yang di sematkan dalam OS Android versi sebelumnya dan menurut saya ini memanglah fitur yang menarik sih yah, karena fitur ini merupakan sebuah pengelola daya yang sedang dipakai ponsel kita. Semisal, saat ponsel kita sedang tidak gunakan sama sekali, maka secara otomatis Doze akan mematikan aplikasi yang sedang aktif.

Bukan hanya ke dua fitur diatas yang disematkan dalam Marsmallow nanti melainkan akan ada beberapa fitur tambahannya setelah adanya perbaikan bug. update fitur keamanan dan beberapa perbaikan Application Program Interface (API) lainnya.

Hmm kira-kira fitur tambahan apa saja yah yang di tambahkan oleh Google setelah adanya perbaikan untuk sistem operasinya Android M? Intip yuk penjelasannya di bawah ini.

  1. Apps Permision, app permission memiliki arti bahwa setiap aplikasi akan melakukan request permission sebelum dibuka atau bahkan pada saat keadaan tertentu, para pengguna tentunya nanti bisa memilih untuk menerima permission tersebut atau menolaknya. Tentunya, permission ini akan hadir di setiap aplikasi dengan keperluan ijin aksesibilitas yang berbeda.
  2. Chrome Tabs, Aplikasi yang memberikan penggunanya tautan di sebuah web nantinya akan bisa membuat in-app Chrome Tabs sendiri. Fitur in-app tabs ini tetap akan memiliki data user yang sudah lebih dulu ada di Chrome, termasuk profil, preferences dan password.
  3. App Links, Fitur terbaru yang bernama App Links ini memberikan kemudahan para developer untuk menghilangkan disambiguasi aksesibilitas untuk masuk ke sebuah link.
  4. Android Pay, Fitur Android Pay tersebut membuat para penggunanya semakin aman dan mudah ketika menggunakan perangkat Android-nya untuk melakukan proses pembayaran.

Fitur Android Pay dulunya bernama Google Wallet. Tetapi dari info yang saya baca fitur Android Pay ini nyatanya hampir menyerupai sistem Apple Pay guys. Apa benar yah sistemnya sangat menyerupai yang ada di Apple Pay? hmm soal itu biarkan mereka yang atur deh yah hehe kita tunggu saja dan lihat apakah sistem yang di pakai akan benar-benar sama dengan Apple Pay nantinya guys hehe.

Sekarang kita beralih ke daftar gadget smartphone yang akan mendapatkan update OS Android M 6.0 ini saja yuk lah guys. so let’s ceks this out hehe
Jelas yang pertama kalinya akan mencicipi OS Android M 6.0 adalah smartphone Google Nexus. nah apa saja kah smartphone Google Nexus yang akan mendapatkan OS Android M tersebut?.
  1. Lg Nexus 5
  2. Motorolla Nexus 6
  3. New Version Tablet Nexus 7

dan ada kemungkinan sih nanti smartphone andalan barunya Google yakni android one akan bisa menyicipi OS Android Marsmallo ini guys.

  • Berikut daftar Smartphone Samsung yang akan pasti mendapatkan Update OS Android M 6.0 menurut SlashGear :
  1. Galaxy Note 5
  2. Galaxy S6 Edge+
  3. Galaxy S6 Edge
  4. Galaxy S6
  5. Galaxy S6 Duos
  6. Galaxy Note 4
  7. Galaxy Note 4 Duos
  8. Galaxy Tab A
  9. Galaxy Alpha

Nah untuk Samsung Galaxy S5 itu masih menjadi pertimbangan pihak samsung apakah akan mendapatkan Update Andorid Marsmallow nantinya atau hanya akan stalk di OS neng Loly.

  • Lg
  1. Lg G4
  2. Lg G3
  3. Lg G Flex 2

Nah Lg pun memiliki salah satu smartphone yang terbilang Flagship andalannya yakni LG G2 yang di kabarkan tidak akan update ke OS Android M 6.0 nih guys…

  • HTC
  1. HTC One M8
  2. HTC One M9
  3. M9 Plus
  4. E9
  5. E9 Plus
  6. One E8
  • XIOMI

Gak ketinggalan nih salah satu smartphone kebanggan dari negri tirai bambu yang akan mendapatkan OS Android Marsmallo ini.

  1. Xiaomi Mi4
  2. Mi 4i
  3. Mi Note
  4. Mi Note Pro
  5. Redmi Note 2
  6. Redmi 2 (& Prime)
  • MOTOROLLA
  1. Moto X Style
  2. Moto X Play
  3. Moto X (2nd Gen)
  4. Droid Turbo
  5. Moto G (2nd & 3rb Gen)
  6. Moto E (2nd Gen)
  • SONNY
  1. Sony Xperia M5
  2. C5 Ultra
  3. Xperia Z3 Plus atau Z4
  4. Xperia Z3,
  5. Z3v
  6. Z3 Compact
  7. Z2
  8. Xperia Z Ultra GPE (Google Play Edition)
  • Lenovo
  1. K3 Note
  2. ZUK Z1
  3. Vibe Shot
  • ASUS
  1. Zenfone 2 series
  2. Zenfone 2 Laser
  3. Deluxe
  4. Zenfone Selfie

And the last list Smartphone yang akan pasti mendapatkan Update OS Android Marsmallow adalah OnePlus One dan OnePlus Two. Yak dua smartphone tersebut adalah smartphone Flagship andalan dari OnePlus yang berhasil menarik banyak perhatian publik dengan segala spek yang menjanjikan kalau menurut saya hehe.

Gimana nih guys apakah Smartphone anda termasuk dalam list yg di sebutkan di atas? kalau termasuk selamat yah guys hehe, bagi yang belom termasuk silahkan anda ganti yang baru guys (oke lupakan kalimat saya yang satu ini)
Sekiranya sih segitu yah yang bisa saya beritahu dan saya kenalkan si mas Marsmallow kepada kalian. Jika ada yang kurang, kritik atau saran mengenai postingan saya ini silahkan di komen guys. Hehe Salam dami dari saya bye

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s