Talkhow interaktif “Start your Bussines with Social Media”

Pesatnya perkembangan internet yang diikuti dengan jumlah penggunanya yang terus meningkat membuat internet menjadi kebutuhan yang tak terpisahkan dari kehidupan manusia di era globalisasi saat ini. Beragam manfaat yang ditawarkan internet mulai dari berinteraksi di media sosial hingga mengeruk keuntungan dengan berbisnis secara online, semua bisa dilakukan hanya dalam genggaman, anytime, anywhere, anyone. Hanya bermodalkan akun media sosial dan jejaring teman yang banyak, namun faktanya yang menjadi pertanyaan adalah banyak mahasiswa yang mulai merintis usahanya sebagai pebisnis secara online, tetapi belum mengetahui bagaimana kiat-kiat sukses dalam usaha tersebut baik dalam memilih produk yang ingin di pasarkan secara online ataupun mempromosikannya.

Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (BEM FIKTI) bersama dengan PT. Global Media Selular Group menyelenggarakan Talkshow Interaktif yang bertajuk “Start Your Business With Social Media” di Auditorium J167 kampus J1 Kalimalang, Bekasi (15/1), dimana Talkshow Interaktif kali ini akan membahas kiat-kiat sukses untuk memulai bisnis online melalui media sosial dalam menghadapi tantangan bisnis modern.

Untuk membahas lebih dalam mengenai kiat-kiat sukses untuk memulai bisnis online melalui media sosial dalam menghadapi tantangan bisnis modern, pada sesi pertama ini menghadirkan Bpk Edi Kurniawan (Managing Editor Selular Media) yang memaparkan kekuatan media sosial dalam hal kecepatannya menyajikan informasi yang bahkan saat ini bisa lebih cepat ketimbang televisi.

Bukan cuma dari sisi kecepatan informasinya saja, pengguna sosial media yang dari segi angka juga terbilang sangat banyak menyimpan potensi bisnis menarik yang bisa digali. Mengacu pada sejumlah data yang dirilis beberapa waktu lalu, angka pengguna sosial di Indonesia sudah menyentuh angka 74 juta pengguna.

“Dari total penduduk Indonesia yang 255,5 juta orang, sudah ada sekitar 72,2 juta orang pengguna internet aktif dan ada sekitar 74 juta pengguna sosial media yang aktif (jumlah akun social media yang aktif, satu orang bisa punya akun social media lebih dari satu),” kata Bapak Edi.

Adapun dari sisi demografi, jika dilihat dari usia pengguna yang paling banyak mengakses internet di Indonesia adalah usia antara 18 sampai 25 tahun itu mendominasi dengan angka 49 persen. Disusul kemudian pengguna antara 26 sampai 35 tahun. Lebih lanjut, masih berdasarkan data, Edi juga mengungkap bahwa pengguna internet didominasi oleh pengguna dari kalangan karyawan/wiraswasta sebanyak 55 persen, disusul oleh mahasiswa (18 persen) dan ibu rumah tangga (16 persen), sisanya ada dari kalangan pelajar, dan lain-lain.

“Dari data-data ini sebenarnya bisa menjadi modal kita untuk memulai bisnis, terutama bagi yang ingin memulainya lewat sosial media. Dari data ini bisa jadi model, misalnya bisa kita lihat pengguna internet lebih banyak di usia antara 18 sampai 25 tahun. Berarti apa yang kita jual, apa yang biasa dicari oleh pengguna di usia 18 sampai 25 tahun. Atau usia dari 26 sampai 35 tahun,” jelas beliau.

Selain itu, kita juga bisa melihat potensi bisnis yang akan kita geluti dari kalangan pengguna internet yang paling banyak, dalam hal ini adalah kalangan karyawan dan wiraswasta. Atau bisa juga dari data wilayah, dalam hal ini pengguna internet terbanyak di Pulau Jawa. Dengan begitu, menurut Edi, kita bisa mencari tahu barang apa saja yang berpotensi laku dijual dengan melihat karakteristik penggunanya.

Pembicara selanjutnya ada Bpk Bayu Syerli (Head Of Digital Marketing Bukalapak.com). Beliau akan berbicara mengenai bagaimana cara mendapatkan uang dari internet. Beliau tak menampik bahwasanya internet di Indonesia kebanyakan digunakan untuk mengakses sosial media.

Menurut bapak Bayu, ada satu permasalahan yang paling umum yang biasanya dirasakan oleh orang yang ingin memulai usaha, yaitu ide berjualan online. Umumnya, masih banyak ternyata orang-orang yang berpikir ketika ingin berjualan online memiliki ide yang mirip-mirip.

“Sebenarnya ada beberapa alternatif ide, untuk kita bisa dapatkan uang di internet,” tandasnya. Secara garis besar, pak Bayu mengungkap empat macam kategori bisnis yang bisa digarap bagi mereka yang tertarik memulai bisnis online, di antaranya fisik, digital, konten, dan jasa.

Setelah pemaparan pada sesi pertama ini, moderator membuka sesi pertanyaan kepada para peserta Talkshow Interaktif, mahasiswa Gunadarma mempunyai antusias yang tinggi untuk bertanya mengenai berbisnis online kali ini, kemudian pemberian piagam penghargaan kepada Bpk Bayu Syerli dan Bpk Edi Kurniawan, di lanjutkan sesi ice breaking yang dimana pada sesi ini di adakannya kuis menggunakan twitter dan pemberian doorprize bagi para peserta yang bertanya

Pada sesi selanjutnya ada kak Abdul Malik (Founder Of Gunadarma Art Project) salah satu mahasiswa Universitas Gunadarma berbagi pengalamannya berbisnis online di media social bersama kawannya di Gunadarma Art Project, Kemudian di lanjutkan pemaparan tentang jaringan 4G LTE dari Provider Smartfren, di sambung dengan sesi tanya jawab ke peserta Talkshow Interaktif dan pemberian Piagam penghargaan kepada Kak Abdul Malik dan pembicara dari provider smartfren.

Setelah sesi kedua acara Talkshow Interaktif selesai sesi selanjutnya adalah penyerahan plakat Partnership BEM FIKTI kepada Pt. Global Selular Media yang di sambung pengumuman pemenang kuis di twitter serta promosi acara BEM FIKTI 2015/2016 yang akan datang.

Melalui acara ini, BEM FIKTI berharap peserta dapat menjadikan ilmu-ilmu yang dibagikan pada saat talkshow sebagai inspirasi dalam pemanfaatan akses internet secara positif untuk beragam kebutuhan, bermain di media sosial tidak hanya hobi saja tetapi dapat menjadikan sumber penghasilan tambahan dengan cara berbisnis online, dengan hobi bisa menghasilkan materi. Dengan begitu pemanfaatkan teknologi informasi yang berkembang pada era Globalisasi saat ini bisa lebih maksimal sehingga akhirnya kita sebagai mahasiswa dapat turut berpartisipasi mendorong kemajuan bangsa Indonesia untuk mewujudkan Masyarakat Ekonomi ASEAN.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s